Hari Rabies Sedunia 2021

Guna mencegah penularan rabies dari hewan ke manusia, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang melalui UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis bagi ratusan hewan peliharaan warga Kabupaten Pandeglang.

Tercatat sebanyak 156 hewan penular rabies seperti kucing, anjing maupun jenis monyek diberikan vaksinasi massal yang dilaksanakan di UPT Puskeswan Pandeglang, Selasa (28/09/2021)

Hadir dalam kegiatan sekaligus memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada setiap 28 September tersebut Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang H. Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Distan Banten Drh. Rina Herviana, serta Tim monitoring dari Balai Veteriner Subang Jawa Barat.

Baca juga : Memperingati World Rabies Day, Puskeswan Pandeglang Gelar Vaksinasi Rabies Massal Gratis 28 September 2021

Plh. Sekda Pandeglang H. Taufik Hidayat didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi saat pelaksanaan Vaksinasi Rabies Massal dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia di UPT Puskeswan Pandeglang, Selasa 28 September 2021

Plh. Sekda Pandeglang H. Taufik Hidayat mengharapkan kesadaran untuk vaksinasi rabies agar terus ditingkatkan, khususnya bagi warga yang memelihara hewan penular rabies.

“Alhamdulillah pada kesempatan vaksinasi rabies ini banyak kami lihat ibu-ibu membawa kucing untuk ikut vaksinasi, semoga kedepan terus meningkat sehingga hewan yang dipelihara dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Dikatakan Taufik, jika memelihara hewan penular rabies harus rajin memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya, agar lebih sehat.

“Semoga semakin meningkat lagi kepedulian warga masyarakat terhadap kesehatan hewan peliharaannya,” pungkasnya.

Berita terkait : Cegah Penularan Rabies, Puskeswan Pandeglang Vaksinasi Ratusan Hewan Penular Rabies

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies yang dilaksanakan pada Bulan September adalah puncak kegiatan Hari Rabies Sedunia.

“Setiap 28 September merupakan puncak peringatan hari Rabies sedunia, kami mengadakan vaksinasi massal secara gratis,” katanya.

Diungkapkan Budi, target nasional pada tahun 2030 Indonesia Bebas Rabies.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat terus meningkat untuk melakukan vaksinasi hewan penular rabies,” tuturnya

Dia mengungkapkan, pelayanan vaksinasi massal dalam rangka Hari Rabies Sedunia tahun ini telah dilaksanakan selama bulan September 2021 yakni setiap Selasa pada tanggal 14, 21 dan puncaknya pada 28 September 2021 hari ini.

“Pada 14 September telah divaksinasi rebies 94 ekor, tanggal 21 September telah divaksinasi 99 ekor, dan pada hari ini 156 ekor,” ungkapnya.

Ditambahkan, selain di Puskeswan Pandeglang kegiatan vaksinasi rabies gratis juga dilakukan di wilayah selatan Pandeglang diantaranya Kecamatan Sumur, Cibaliung, Cimanggu dan Cigeulis.

Catat! Waktu dan Tempat Pelaksanaan Vaksinasi Rabies Gratis di Puskeswan Pandeglang

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan menyatakan, upaya vaksinasi rabies massal dan gratis yang dilaksanakan pada setiap bulan September ini merupakan langkah untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat akan bahaya rabies dalam rangka mendukung Provinsi Banten Bebas Rabies.

“Dengan vaksinasi rabies diharapkan tidak ada kasus rabies pada hewan penular rabies, sehingga pada akhirnya tidak ada kasus rabies pada manusia (masyarakat red),” katanya

Ade menambahkan, ditengah Pandemi Covid-19 yang masih mewabah, pelayanan vaksinasi rabies massal di Puskeswan Pandeglang menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya kewajiban memakai masker selama di dalam gedung Puskeswan

“Kami juga telah menekankan setiap pemilik hewan peserta vaksinasi rabies yang datang ke Puskeswan wajib datang sesuai jam kedatangan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Tonton juga : Video Hari Rabies Sedunia di Puskeswan Pandeglang Tahun 2020

Video Vaksinasi Rabies Massal di Puskeswan Pandeglang dalam rangka Hari Rabies Sedunia #WorldRabiesDay 28-09-2021

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Provinsi Banten Drh. Rina Herviana mengapresiasi upaya Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang yang sudah melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies massal secara gratis, dimana puncaknya hari ini adalah Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day)

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Pandeglang punya komitmen yang baik untuk mendukung Banten Bebas Rabies khususnya wilayah Pandeglang,” kata Rina.

Perwakilan Balai Veteriner Subang Jawa Barat Satriyo Setyo menyatakan dukunganya terhadap program pengentasan rabies di Provinsi Banten

“Dukungan kami telah diwujudkan dalam pemberantasan rabies secara surveilan baik dilakukan melalui cara serologis maupun antigen di wilayah Provinsi Banten,” ungkap Satriyo.

Sementara salah seorang peserta vaksinasi rebies yang juga pemilik salah seekor moyet mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang atas vaksinasi rebies yang telah dilaksanakan secara gratis.

“Semoga hewan peliharaan saya sehat dan tidak menjadi rabies untuk pemiliknya atau yang lainnya,” katanya. (admindistan)***

Sorotan media :

Plh Sekda Minta Masyarakat Sadar Bahaya Rabies Pada Binatang Peliharaan

Pemkab Pandeglang Harap Kesadaran Untuk Vaksinasi Rabies Meningkat

Pemilik Hewan Peliharaan Diharapkan Tingkatkan Vaksinasi Rabies

Soal Vaksinasi Rabies, Plh Sekda: Kesadaran Untuk Vaksinasi Rabies Meningkat

Kesadaran Untuk Vaksinasi Rabies Di Pandeglang Diharapkan Terus Meningkat

Tangkal Penyakit Rabies, Pemkab Pandeglang Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan

Pemkab Pandeglang optimistis bisa bebas rabies tahun 2030

Ratusan Hewan Divaksin Rabies

Cegah Penularan Rabies, Puskeswan Pandeglang Vaksinasi Ratusan Hewan Penular Rabies

Memperingati World Rabies Day, Puskeswan Pandeglang Gelar Vaksinasi Rabies Massal Gratis 28 September 2021

Ratusan Hewan Peliharaan di Pandeglang Ikuti Vaksin Rabies

Tidak Kalah dengan Manusia, Kini Giliran Hewan yang Divaksin

Musim Vaksinasi, Tak Hanya Manusia tapi Hewan Peliharaan Warga di Pandeglang Turut Disuntik

Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan Peliharaan di Pandeglang divaksin

Catat! Waktu dan Tempat Pelaksanaan Vaksinasi Rabies Gratis di Puskeswan Pandeglang

Sebanyak 1.697 hewan penular rabies di Banten telah divaksinasi rabies

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *