Sekretaris Distan Ekspose Potensi Bidang Usaha Sektor Pertanian dihadapan BUMD Agrobisnis Banten Mandiri

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP.,MBA.,MP melakukan ekspose potensi bidang usaha sector pertanian di Kabupaten Pandeglang di hadapan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Banten, Agrobisnis Banten Mandiri di Ruang Garuda Pendopo, Pandeglang Kamis (03/06/2021).

Dalam eksposenya, Doktor lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini memaparkan berbagai potensi Sektor Pertanian baik Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan maupun Peternakan.

Baca juga : Distan Banten Dukung Upsus Sikomandan di Kabupaten Pandeglang

Bupati Pandeglang Hj, Irna Narulita menerima kunjungan Direksi BUMD Agrobisnis Banten Mandiri dan PT. Agro Jabar dalam rangka kerja sama bidang usaha sektor pertanian di Kabupaten Pandeglang, Kamis (03/06/2021)

Hadir dalam ekspose tersebut, Bupati Pandeglang Hj, Irna Narulita, Kepala Bappeda Pandeglang Utuy Setiadi, Plt. Dirut BUMD Berkah Maju Pandeglang, Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar, Sekretaris Dinas Perikanan, Kepala Bagian Perekonomian Setda Pandeglang, Kabid Tanaman Pangan dan Kabid Hortikultura Distan Pandeglang, Kabid Budidaya dan Kabid Olahan Diskan Pandeglang serta beberapa perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Pandeglang.

Berita terkait : Banyak Faktor Pengaruhi Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan

Sekretaris Nasir mengatakan, sejumlah bidang usaha Sektor Pertanian di Kabupaten Pandeglang yang ditawarkan kepada BUMD Agrobisnis Mandiri Banten yakni ada 11 bidang usaha diantaranya Dairy Village, Rice Mill Sobang, Agro Hub, Agro Ambassador, Agro Wisata Mekarsari, Kebun Rakyat Menuju Agro industri, Cluster Domba Ekspor, Pengembangan Minyak Atsiri, RPU Mobile.

“BUMD Agrobisnis Banten Mandiri optimistis potensi bidang usaha Sektor Pertanian yang telah dipaparkan dapat terlaksana secara Bisnis’ to ‘Bisnis ( ‘B’ to ‘B’ ) dengan BUMD milik Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Berkah Maju Pandeglang,” imbuhnya.

Nasir mengaku, ekspose bidang usaha sector pertanian yang dipaparkannya ditanggapi secara positif oleh Direktur Utama dan Direktur Operasional Agrobisnis Banten Mandiri.

“Insya Allah BUMB Agrobisnis Banten Mandiri telah menyatakan kesediaan untuk melakukan kolaborasi dalam rangka bekerjasama mengoptimalisasi potensi Sektor Pertanian di Kabupaten Pandeglang,” harapnya.

Profil Dr. Nasir, SP.,MP.,MBA : Nasir MD Jadi Ketua STISIP Banten Raya, Ini yang Akan Dilakukannya

Sementara itu di tempat yang sama Bupati Pandeglang juga menerima kunjungan Dirut PT. Agro Jabar Kurnia Fajar beserta tim dalam rangka pembahasan lanjutan persiapan kerjasama pengembangan Jagung seluas 1.000 Ha di Pandeglang.

Menurut Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Iping Saripin, fasilitasi yang akan dikerjasamakan adalah pemenuhan sarana produksi (Saprodi) untuk budidaya jagung, fasilitasi mobile dryer, dan sebagai buyer atau offtaker hasil panen dari Petani Jagung. “Semoga dengan adanya kerjasama ini para petani akan lebih bersemangat dalam pengembangan Jagung di Kabupaten Pandeglang,” ujar Iping

Pada tahap awal, lanjut Iping kegiatan yang akan dilakukan dengan dukungan PT. Agro Jabar adalah penanaman jagung. “Kegiatan akan diawali dengan pelaksanaan Demplot mungkin dalam 2 minggu ini, serta persiapan tanam untuk bulan Oktober 2021,” jelasnya.

Adapun agenda berikut akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya yang dapat dilakukan secara ‘B’ to ‘B’ antara PT. Agro Jabar dengan BUMD Berkah Maju Pandeglang di Kabupaten Pandeglang. “Semoga dengan adanya kerjasama ini para petani akan lebih bersemangat dalam pengembangan Jagung di Kabupaten Pandeglang,” pungkas Iping. (admindistan)***

Sorotan media : Distan Pandeglang Optimistis Target LTT Mei Terpenuhi

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *