Monitoring Puskeswan

Bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner Dinas Pertanian Provinsi Banten melaksanakan Monitoring pelayanan kesehatan hewan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan Monitoring dilaksanakan oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Provinsi Banten Drh. Rina Herviana beserta tim sebanyak dua orang yang dilakukan pada Selasa (20/04/2021)

Tim Keswan Dinas Pertanian Provinsi Banten disambut oleh Kepala UPT Puskeswan Pandeglang beserta staf dengan penerapan protocol kesehatan Covid-19  3 M yakni memakai masker, tetap menjaga jarak aman penularan Covid-19 dan menggunakan hand sanitizer.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Provinsi Banten Drh. Rina Herviana saat monitoring mengatakan, kegiatan monitoring dilakukan dalam rangka mempercepat kegiatan penjaminan kesehatan hewan (Keswan), penutupan dan pembukaan daerah wabah penyakit hewan menular lintas daerah kabupaten/kota dalam 1 (satu) daerah provinsi dan sub kegiatan pengendalian resiko dan penanggulangan penyakit hewan dan zoonosis di Provinsi Banten.

“Dinas Pertanian Provinsi Banten berkomitmen meningkatkan status kesehatan hewan diantaranya dengan melakukan monitoring di setiap Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di Provinsi Banten,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Provinsi Banten Drh. Rina Herviana.

Baca juga : Puskeswan ajak warga manfaatkan Call Center 0877-7335-7422 untuk dapatkan pelayanan dokter hewan

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Distan Banten Drh. Rina Herviana saat visitasi pelayanan kesehatan hewan di UPT Puskeswan Pandeglang, Selasa 20 April 2021 (Foto : Dok. Puskeswan Pandeglang)***

Dia mengharapkan keberadaan Puskeswan dapat memberikan jaminan keamanan manusia, hewan dan lingkungan dari ancaman penyakit hewan, termasuk mencegah penularan penyakit Rabies dalam rangka mendukung Provinsi Banten bebas Rabies.

“Sesuai dengan amanat Permentan 64 tahun 2007 tentang Pusat Kesehatan Hewan, Puskeswan mempunyai tugas dan fungsi yakni memberikan pelayanan kesehataan hewan dan penyehatan hewan. Oleh karena itu kami ingin melihat bagaimana pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pandeglang,” katanya.

Usai melakukan Diskusi dengan seluruh staf Puskeswan Pandeglang, Kepala Seksi Keswan dan tim meminta Petugas Puskeswan memperagakan alur pelayanan kesehatan hewan mulai dari saat kedatangan pasen sampai dengan melakukan tindakan medic.

Dalam kesempatan tersebut tim monitoring juga berkesempatan melihat bagaimana Petugas Puskeswan melakukan tindakan pemeriksaan kesehatan hewan terhadap pasen kucing yang berkunjung ke Puskeswan Pandeglang.

Berita terkait : Distan Banten Dukung Upsus Sikomandan di Kabupaten Pandeglang

Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, warga masyarakat Pandeglang semakin antusias untuk berkunjung ke Puskeswan Pandeglang untuk melakukan pemeriksaan hewan kesayangan seperti kucing, kelinci, kera maupun anjing peliharaan.

“Adapun untuk pemeriksaan kesehatan hewan ternak seperti kambing atau domba, kerbau biasanya Tim Puskeswan akan mengunjungi tempat lokasi ternak warga yang melakukan panggilan melalui Call Center 0877-7335=7422,” katanya.

Ade mengungkapkan, kunjungan warga yang memeriksakan kesehatan hewan peliharaan meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 2 – 3 ekor perhari.

“Alhamdulillah dalam tiga bulan ini kunjungan pemilik hewan yang membawa hewan peliharaan ke Puskeswan meningkat menjadi rata-rata 5 ekor perhari,” ungkapnya.

Ade menambahkan, untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pandeglang saat ini sudah memiliki personel dokter hewan 2 orang dan paramadik veteriner 2 orang,

“Bagi warga masyarakat pemilik hewan peliharaan atau hewan ternak yang ingin melakukan konsultasi kesehatan hewan kami menyediakan layanan konsultasi dokter hewan di nomor WhatsApp 0823-1160-0897 atau bisa menghubungi layanan #CallCenter Puskeswan Pandeglang,” pungkasnya. (admindistan)***

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *