Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) bagi pengelola website Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

Acara yang digelar di Ruang Rapat Diskomsantik Kabupaten Pandeglang ini diikuti para perwakilan pengelola website dari bidang-bidang pada Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang yakni Bidang Tanaman Pangan, Bidang Hortikultura, Bidang Perkebunan, Bidang Peternakan dan Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), serta perwakilan PPID Pembantu Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Rabu (03/03/2021).

Bimbingan Teknis dipandu Administrator website Pemkab Pandeglang Ajat Juhendi, SPKP yang juga merupakan PIC Ruang Pint@r Setda Pandeglang. Adapun materi yang disampaikan meliputi tata cara pengisian fitur dan menu informasi. Peserta juga diberikan pemahaman mengenai informasi berkala, informasi setiap saat, dan informasi yang dikecualikan.

“Dalam pelaksanaannya, para pengelola website wajib mengisi konten sesuai dengan bidang masing-masing atau program/kegiatan unit pelaksana teknis (UPT) yang ada di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang,” ungkap Ajat Juhendi, SPKP

Ajat menjelaskan, fitur website Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang atau distan.pandeglangkab.go.id ini berisi beberapa menu antara lain profil, statistic pertanian, informasi publik, layanan pengaduan, serta berbagai informasi lain yang dibutuhkan masyarakat.

Menurutnya, agar memudahkan masyarakat, diharapkan pengelola website wajib mengupdate konten menu tersebut sesuai perkembangan yang ada.

 “Untuk Web Admin distan.pandeglangkab.go.id sudah disepakati yaitu  Rizky Kurniawan Rosyadi, SP pelaksana Bidang Tanaman Pangan yang akan berperan dalam  pengaturan terhadap sistem website, baik soal fitur-fitur, layanan terhadap pengguna, melakukan update sisi konten, sistem dan pelayanan secara rutin dan berkala serta tugas backup dan recovery,” jelasnya.

Adapun admindistan lainnya pada masing-masing bidang berperan dalam pengelolaan data program/kegiatan masing-masing bidang yang nantinya siap disajikan dalam berbagai bentuk seperti infografis, table, grafik, berita, artikel, maupun dalam bentuk konten foto, video dan lain-lain yang menghasilkan informasi yang dapat diakses public. “Bukan ketika data atau informasi dibutuhkan, baru bergerak untuk mencari dan mengumpulkan data,” imbuhnya

Ajat menambahkan, setiap tahun, Komisi Informasi Publik (KIP) akan melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan layanan informasi publik di setiap daerah.

“Keberadaaan website setiap organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, menjadi salah satu indikator penilaian apakah suatu pemerintah daerah telah cukup informatif dalam memberikan pelayanan public,” tandas Ajat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Nasir selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu  mengatakan, bimbingan teknis ini bertujuan untuk membekali para pengelola website pada masing-masing bidang di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dengan kemampuan dasar sesuai kaidah keterbukaan informasi publik.

“ Tujuannya agar masyarakat mengetahui berbagai kegiatan pemerintahan yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, serta membantu PPID untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” katanya. (admindistan)***

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *