Dr. Nasir, SP,. MBA,. MP

Tepat setahun lalu, Rabu 28 Januari 2020 menjadi hari Yudisium yang paling mengharukan bagi Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP, beserta istri, keluarga dan handai taulannya.

Jerih payah dan pengorbanan yang ia jalani selama dua tahun lebih melakukan penelitian Disertasi jenjang S3 telah dituntaskan dengan hasil nyaris sempurna dan memetik hasil yang membanggakan dengan diambil sumpah sebagai Doktor dibidang Ilmu Manajemen pada sidang terbuka Promosi Doktor di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (28/01/2020)

Gelar yang diraih Nasir merupakan Doktor pertama di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dan tercatat sebagai Doktor ke-4 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Pandeglang.

Baca juga : Distan Banten Dukung Upsus Sikomandan di Kabupaten Pandeglang

Bagi Nasir, putra ke-8 dari 11 bersaudara dari pasangan Tengku M. Daud Adam (Alm) dan Hj. Timariah Tengku M. Nur ini, gelar yang diraihnya merupakan anugerah yang luar biasa bagi diri dan keluarga besarnya. Istrinya, Tanti Yulianti, SP., MM (Alumni Prodi Hortikultura Departemen Agronomi Fakultas Pertanian IPB, dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Muhammad Fadil Muharram (Mahasiswa Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian IPB University), Afifah Putri Nashirah (SMPN 1 Karangtanjung) dan Muthia Balqis Nashirah (MIN 1 Baros).

Dilahirkan di Dakuta, Aceh Utara, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, pada tanggal 10 April 1974, karir pendidikan Nasir terbilang cemerlang. Nasir menyelesaikan Pendidikan Sarjana Muda Pertanian di Fakultas Pertanian Pendidikan Sarjana (S1) yaitu pada Program Studi Manajemen Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, lulus tahun 2002.

Kemudian Pendidikan Magister (S2) melanjutkan juga di Institut Pertanian Bogor, yaitu di Sekolah Pascasarjana pada Program Magister Industri Kecil Menengah (MPI), lulus tahun 2010.  Sebelumnya juga pada tahun 1997-1999 pernah mengenyam pendidikan bidang Bisnis dan Kewirausahaan, Konsentrasi Bidang Marketing di Institut Pengembangan Wiraswasta Indonesia Jakarta (IPWIJA) bekerjasama dengan University of New Brunswick, Canada.

Memulai pendidikan pada Program Pascasarjana S3 Universitas Negeri Jakarta Prodi Ilmu Manajemen MSDM pada Agustus 2016, dengan IPK 3,86. Nasir dinyatakan lulus Ujian Komprehensif 23 September 2017 dan menyandang status sebagai kandidat Doktor sejak tanggal 13 November 2017, melewati Seminar Proposal pada tanggal 10 November 2018 dengan judul disertasi “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Komitmen Terhadap Kinerja Pegawai Penyuluh Pertanian Kabupaten Pandeglang”. Penelitian dan penyusunan disertasi dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 hingga Oktober 2019 dan telah diuji pada Seminar Kelayakan pada tanggal 23 Juli 2019, selanjutnya diuji pada Ujian Tertutup pada tanggal 07 Oktober 2019.

Berita terkait : Nasir MD Jadi Ketua STISIP Banten Raya, Ini yang Akan Dilakukannya

Sejak tahun 2006 , Nasir memulai karir sebagai PNS pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten (2006-2011). Karirnya mulai moncer sejak dilantik sebagai Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (2011-2014). Kemudian Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang ( 2014-2017) dan Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang (2017-2019). Hingga saat ini menjabat Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang (Agustus 2019-Sekarang).

Sebelum berkarir sebagai PNS, Nasir pernah berkarir di perusahaan swasta yaitu, Konsultan Ahli Bidang Sosial Ekonomi Pertanian dan Kehutanan PT. Moedhani Lestari Bogor. Tim Leader Konsultan Manajemen Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Ekonomi Khusus Aceh-Irian PT. Inakon Luhur Pertiwi Jakarta. dan Kepala Cabang Bogor PT. Binawan Inti Utama Jakarta.

Pengalaman kerja dan pengabdian diluar pemerintahan juga dilakoni Nasir antara lain; sebagai Dosen ber-NIDK (khusus) pada Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Matla’ul Anwar (UNMA-Banten) (2004-2020). Sekretaris Jurusan (2011-2017), dan Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Keuangan pada Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UNMA-Banten (2017-2019). Dan terakhir pada April 2019-2020 diangkat sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknologi dan Informatika UNMA-Banten, sebelum akhirnya beliau diangkat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya periode 2021-2024. (admindistan)***

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *