Rakor Upsus Sikomandan

Dalam upaya mendukung pelaksanaan program upaya khusus (Upsus) Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Kabupaten Pandeglang, Dinas Pertanian Provinsi Banten melalui Bidang Peternakan memfasilitasi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan kegiatan Upsus Sikomandan tahun 2020 di Kabupaten Pandeglang.

Rakor Upsus Sikomandan difasilitasi nara sumber dari Dinas Pertanian Provinsi Banten yang dihadiri unsur petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan dan UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai peserta, dilaksanakan di Gedung UPT Puskeswan di Jln. Raya Pandeglang – Serang Km.04 Kadupereng Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung, Rabu (02/12/2020).

Rakor Upsus Sikomandan diawali dengan pemaparan Evaluasi Cakupan kegiatan Inseminasi Buatan, Pemeriksaan Kebuntingan, Penanganan Gangguan Reproduksi dan Pencatatan Kelahiran Ternak Sapi/Kerbau sampai dengan periode November T.A. 2020 disampaikan oleh Kabid Peternakan Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Dalam pemaparan Dinas Pertanian Provinsi Banten mengungkapkan capaian-capaian yang telah dilaporkan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang melalui Applikasi iSIKHNAS yang diinput oleh Koordinator kabupaten dan atau Paramedik veteriner maupun dokter hewan.

Dengan segala keterbatasan yang ada di lapangan ditengah Pandemi Covid-19 Dinas Pertanian Provinsi Banten mengapresiasi hasil capaian program kegiatan Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang tahun 2020 yang dinilai baik dibandingkan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Banten

Dinas Pertanian Provinsi Banten meminta Tim Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang yang dipimpin Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang mengoptimalakan sisa waktu akhir tahun 2020 untuk lebih meningkatkan capaian kinerja program Upsus Sikomandan di Kabupaten Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Pertanian Provinsi Banten mengharapkan adanya saran dan masukan serta komitmen kesanggupan Tim Upsus Sikomandan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang untuk menentukan angka capaian target Bulan Desember 2020 yang disepakati dalam Rakor Upsus Sikomandan hari ini.

Sementara itu Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang memaparkan berbagai upaya dan langkah-langkah kegiatan yang telah dilakukan Tim Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang selama periode Januari-November 2020.

Dengan sumberdaya yang tersedia dan keterbatasan yang dimiliki Tim Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang optimistis dapat memenuhi harapan untuk lebih meningkatkan cakupan capaian kinerja selama sebulan kedepan.

Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang juga menyampaikan Update secara manual laporan capaian kinerja Program Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang sampai dengan akhir November 2020

Dalam sesi diskusi Rakor Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang dan Dinas Pertanian Provinsi Banten menyepati komitmen masing-masing pihak yakni Tim Upsus Sikomandan Kabupaten Pandeglang sanggup melaksanakan kegiatan Upsus Sikomandan sesuai target yang telah disepakati dengan dukungan fasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Peserta Kegiatan Rakor Upsus Sikomandan adalah 20 orang digelar selama sehari mulai Pukul. 09.00 – 12.00 WIB dengan dihadiri Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi Banten Ir, Dwidjo Harsono, M.Si, Kepala Seksi Perbibitan Ternak Nano Heriyano, SP.,MM, dan sejumlah Stap Bidang Perternakan Provinsi Banten, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang drh. Dyah Lukitaningsih, Kepala Seksi Produksi Ternak Agus Efendi, Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan beserta beserta Kasubag TU dan staf, BPP Mandalawangi dan Cisata, Petugas data/Rekorder, Petugas IB/Inseminator, Petugas PKB/ATR serta petugas Penanganan Gangguan Reproduksi (Gangrep). (admindistan)***

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *